• SMP NEGERI 1 KRESEK
  • Etika Kekeluargaan Prestasi Islami

PENTINGNYA PENDIDIKAN DAN TIPS MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendidikan, manusia bisa mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya untuk terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Dengan kata lain, pendidikan adalah suatu modal bagi manusia untuk dapat bertahan hidup.

Ada banyak manfaat yang bisa kita raih melalui pendidikan. Dengan pendidikan kita bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, kita bisa ikut berkontribusi di dalam masyarakat sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan pendidikan kita pun bisa lebih siap untuk menghadapi masa depan kita, apalagi jika pendidikan kita dimulai sejak dini maka itu berarti kita sudah mempersiapkan masa depan kita sejak awal.

Namun sudah tentu selalu saja ada halangan pada setiap proses, tak terkecuali bagi seseorang yang ingin mengenyam pendidikan. Entah dari keterbatasan akses terhadap pendidikan, keterbatasan waktu, atau bahkan perasaan malas. Untuk itu perlu kiranya untuk menanamkan motivasi dalam diri agar lebih giat untuk belajar terlebih lagi untuk kamu yang sudah memiliki kemudahan akses untuk belajar jangan sia-siakan kesempatan yang sudah kamu raih, nah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajar biar kamu lebih rajin untuk meraih pengetahuan.

1. Mengingat Tujuan Belajar

Untuk menanamkan motivasi belajar, kita perlu kembali mengingat alasan kita untuk meraih pendidikan. Dengan mengingat kembali tujuan belajar maka kita bisa menambah motivasi belajar kita untuk lebih serius lagi dalam belajar. Nah sekarang coba ingat-ingat yah apa tujuan kamu, siapa tahu kamu bisa jadi lebih giat berangkat sekolah dan lebih serius dalam belajar.

2. Menghindari Gangguan Belajar

Ada banyak sekali godaan selama kita belajar, salah satunya di zaman sekarang adalah gadget yang sering kali memanjakan mata kita dengan tontonan yang memanjakan mata atau bermain game hingga lupa waktu. Nah mulai sekarang cobalah untuk membatasi dirimu untuk menggunakan gadget dan buat jadwal untuk belajar. Setelah belajar di sekolah lanjut belajar di rumah sebelum tidur sambil dengerin musik kayaknya enak tuh.

3. Membuat Agenda Belajar

Yups, segala hal yang dibuat teratur dan konsisten akan memberikan hasil yang baik. So, kalo kamu ingin belajar di rumah, pastikan kamu membuat jadwal yang teratur dan memberikan batasan waktu untuk belajar, tapi.......... yang paling penting adalah konsisten yahhh.

4. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Suasana yang nyaman juga bisa menumbuhkan motivasi untuk belajar loh. Coba saja kamu dalam kondisi kamar berantakan dan berkeringat memaksa untuk belajar, pasti gak nyaman dan gak bakal fokus. Jadi, sebelum memulai belajar coba untuk merapihkan kamar dan membersihkan badan dulu ya guys, saat belajar pun kamu bisa menyalakan musik untuk menambah suasana yang lebih santai untuk belajar tapi jangan sampai ketiduran karena terlalu nyaman yahhh apalagi ditinggal pas lagi nyaman-nyamannya hihi.

5. Pelajari Apa yang Kamu Sukai

"do what you love, and love what you do" keren banget ga tuh frasanya? lakukan apa yang kamu sukai dan sukailah apa yang kamu lakukan. Frasa ini memang dibuat untuk kamu yang ingin menekuni hobi, tapi kamu bisa menerapkan ini dalam belajar loh, mulai kamu belajar sesutau yang kamu sukai apakah itu matematika? kimia? sosiologi? bahasa inggris? atau pelajaran lain, mulai saja kamu pelajari dan ingat yang terpenting adalah kamu tetap konsisten dalam proses karena siapa tahu kamu bisa mnejadi ahli dalam bidang itu.

6. Jangan Lupa Istirahat

Istirahat tetap perlu loh, jangan memaksa diri terlalu keras karena belajar tanpa keinginan atau dalam kondisi yang lelah juga berbahaya loh bahkan melebihi bahaya makan tanpa rasa lapar, yah OBESITAS!!! jadi, ingat yah untuk selalu memberi jeda yah guys.

 

Itu tadi sekian tips untuk menanamkan motivasi belajar, yang harus diingat bahwa pendidikan itu penting untuk masa depan kita dan kita perlu belajar ekstra untuk meraih masa depan yang lebih mapan. SELAMAT MENCOBA.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
DEKLARASI SEKOLAH ANTI PERUNDUNGAN DAN KEKERASAN SMP NEGERI 1 KRESEK

  Senin 05 Februari 2024, SMP Negeri 1 Kresek mendeklarasikan Sekolah Anti Perundungan dan Kekerasan dengan Upaya membentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) sebagai

06/02/2024 16:42 - Oleh Administrator - Dilihat 10412 kali
KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI OPSI SATUAN PENDIDIKAN DALAM RANGKA PEMULIHAN PEMBELAJARAN TAHUN 2022 - 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai o

13/04/2022 08:24 - Oleh Administrator - Dilihat 1351 kali
PERSIAPAN MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH

Ujian sekolah merupakan suatu standarisasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil ujian kemudian menjadi taraf ukur kemampuan siswa setelah melalui proses pembelajaran. Jadi, buat

25/03/2022 14:49 - Oleh Administrator - Dilihat 7040 kali
ADAB KEPADA GURU

"Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa"   Kita pasti sudah akrab dengan peribahasa tersebut. Peribahasa itu tidak semata-mata ada, melainkan karena memang seorang guru patut diju

24/03/2022 13:29 - Oleh Administrator - Dilihat 1486 kali